0

Try To Love Negative Word Of Mouth

Posted by Unknown on 19.08 in , ,


Word of Mouth (WoM) tentunya sudah sering terdengar dalam percakapan2 marketing maupun seornag PR. Ini bisa menjadi kekuatan maupun kelemahan bagi sebuah perusahaan. Kekuatan karena perusahaan dapat menghemat money untuk mempublish secra positif bagi image maupun produk perusahaan tersebut. Namun akan menjadi kelemahan jika WoM berbentuk negative. Inilah mindset yang ada dibenak kita masing-masing.

Hari ini setelah membaca kolom pada majalah bisnis terkenal di Indonesia, ternyata WoM negative atau positif tetap saja dapat memberikan timbal balik yang positif bagi perusahaan. Disitu diceritakan bahwa i-Pod Apple pernah menadapatkan negatif WoM dari salah satu customernya. i-Pod Apple tentunya bukan merk murahan tapi sudah termasuk merk yang cukup presticious di mata kita semua.

Customer yang bernama Neistat mengeluh karena setelah 18 bulan pembelian i-pod tersebut, baterai rusak dan tidka bisa digunakan kembali. Kemudian dia menghubungi apple store, namun sayang apple store tidak menjual baterai tsb jadi hrs beli baru. Nah karena kejengkelan itu Neistat pun nekad mengecat semua billboard apple dengan tulisan "unreplaceable battery" dan juga membuat film dengan judul i-pod's dirty secret yang beredar di situs2 internet. Inilah yang disebut dengan negative word of mouth.

Nah ini digunakan pihak apple sebagai WoM yang positif dengan segera mengganti i-pod baru untuk Neistat dan menjual batterai dengan harga yang murah.Tentunya dengan bangganya Neistat mengirim cerita gembiranya melalui blog..

Kasus negatif WoM tentunya banyak terjadi di negara kita, seperti kasus Omni International dengan Prita. Andaikan Omni International dapat bertindak seperti apple tentunya banyak keuntungan yang di dapat dari pihaknya maupun pihak lain..

Pada prinsipnya, dalam kehidupan kita sehari-hari ini pun berlaku. Jika kita mendapat kritik dari orang lain tentunya kita dapat memanfaatkan itu untuk memperbaiki diri...:))




Yang Jelek Belum Tentu Jelek Bagi Kita, Atau Sebaliknya


0 Comments

Copyright © 2009 Rien Note All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.