1

Mari Bangun Kota dengan (Bank) Mandiri

Posted by Unknown on 12.28 in , , , ,

Liburan kali ini memang dispesialkan untuk berleha leha di pulau kapuk. Gak ada deadline kerjaan ataupun tugas kuliah. Tapi sebenarnya ada kerjaan besar à TOEFL dan Tesis. Ah mules ni perut kalo inget dua tugas itu. Memang deadline fleksibel tapi dana yang tidak elastis.
Ahh ya sudahlah, diterusin aja nulisnya keburu ide saya menguap ke antah brantah.
Jadi begini, ide ini sebenarnya masih dalam ide. Untuk pelaksanaanya masih entahlah. Tapi ini impian saya untuk membangun kota tercinta saya PATI. PATI yang terkenal dengan kota kacangnya. Karena di kota tersebut terdapat dua perusahaan kacang terkenal di Indonesia berdomisili disini yaitu Garuda dan Kacang Dua Kelinci. Perkembangan kota Pati pun saya amati tidak banyak berubah. Perubahan hanya ada pada infrastruktur yang cukup mendorong masyarakat tambah konsumtif. Jika dilihat gak ada penggerak dari pemuda pemudinya. Kebanyakan pemuda pemudi merantau ke luar kota (termasuk saya)#jadi merasa berdosa

Ide pertama saya berangkat dari acara televisi yang menampilkan pasar malam yang unik di dunia. Saya perhatikan saat acara ulang tahun di Pati, hanya dimeriahkan dengan hiburan dangdut dan lain-lain. Ada baiknya diadakan pasar malam sebagai acara rutin tahunan. Mungkin tahun pertama mengundang para pengusaha kuliner, tahun kedua tentang para pengusaha garment dan selanjutnya. Jadi ada yang berkesan disetiap tahun. Dan tentunya harus didukung oleh pemerintah kota. Atau mungkin asosiasi dari pengusaha muda. Ada baiknya mengajak lembaga-lembaga keuangan di Pati (termasuk Bank Mandiri) sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility untuk ikut berpartisipasi dalam kemeriahan acara tersebut. Tidak hanya pasar malam saja, tapi dilengkapi festival budaya Pati dan agar menarik masyarakat adalah dengan door prize berupa Mandiri Tabungan dengan setoran awal lima ratus ribu rupiah. Rentetan acara lain yang dapat dilaksanakan dalam menyambut ulang tahun antaranya Pati’s Big Sale. Yang mana dipertokoan yang telah memiliki PKP memberikan potongan harga dengan syarat pembelian menggunakan Mandiri Credit Card.

Ide kedua adalah membangun sebuah pusat olahraga, sebenarnya sudah ada di Pati. Tapi menurut saya kurang mengakomodir banyak pihak. Ide ini terinspirasi dari acara televisi yang menampilkan pusat olahraga dikota Medan yang cukup gratis. Pusat olahraga sederhana tapi menyehatkan itu terletak di Lapangan Medan Merdeka. Di tempat tersebut disediakan alat-alat olahraga yang simple dan tidak mahal untuk warga medan. Saat ini di kota Pati, memang telah tersedia tempat olahraga yang disebut dengan Lapangan Joyo. Hanya saja fasilitasnya terbatas untuk olahraga tenis, lari, futsal dan jalan pagi. Agar menarik pengunjung dari masyarakat Pati, ada baiknya setiap satu bulan sekali diadakan event khusus terkait olahraga semisal senam bersama dengan instruktur ternama atau terkenal. 

Ide ketiga saya adalah tentang komunitas. Pemerintah melalui pendekatan komunitas di Kota ada baiknya jika mengadakan exhibition komunitas anak muda dan memberikan dukungan berupa tutor yang expert. Sebagai contoh membentuk komunitas hijab dan mengundang Dian Pelangi. Dalam komunitas tersebut akan di dampingi oleh pengurus PKK. Dan dituntut agar produktif. Pada umumnya, untuk para ibu-ibu terkendala pada modal. Untuk itu pemerintah sebaiknya memberikan kebijakan dengan bekerja sama dengan lembaga-lembaga keuangan, untuk para istri PNS menerima Mandiri Tanpa Anggunan dengan limit 5 juta yang disalurkan melalui PKK. Dan pelunasan kredit tersebut apabila mengalami kendala, akan langsung dipotong dari gaji PNS terkait.

Ide keempat saya adalah kebijakan pemerintah terkait dengan mengenalkan makanan kas Pati. Misal di acara pernikahan yang diadakan oleh pejabat di Pati harus memperkenalkan makanan khas kota Pati. Namun pemerintah juga memberi rekomendasi UKM yang menyediakan dengan tujuan menjaga kualitas. Selain itu juga mendorong pengusaha di Kabupaten Pati untuk melakukan ekspansi pasar hingga keluar negeri. Dan mengadakan Entreprenuer Award dua tahun sekali. Dimana bagi pengusaha yang telah berhasil meraih entreprenuer award mendapatkan hadiah berupa Mandiri KPR sebesar 100 juta yang wajib digunakan untuk menjadi modal usaha.

Ide kelima saya adalah menjadikan kota Pati seperti kota Batu. Jadi dibeberapa kecamatan yang strategis letaknya dibangun tempat hiburan keluarga seperti taman safari kecil atau jatim park mini. Untuk iklannya dapat mengundang artis ibu kota. Dan ini tentunya harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota. 

Ide keenam saya adalah mendidik para atlit dan memberikan penghargaan kepada para atlit. Pemerintah dapat mendirikan sebuah sekolah khusus atlit dan memberikan penghargaan kepada atlit untuk sekolah keluar negeri dengan menanggung semua biaya hidup serta sekolah. Dengan catatan atlit tersebut telah mewakili Pati ditingkat nasional. Untuk transfer biaya perbulan tersebut, maka Pemerintah akan menggunakan produk dari bank Mandiri yang disebut dengan Mandiri Tabungan Rencana.

Semoga bermanfaat bagi pemilik modal dan pemilik niat untuk membangun kota Pati. Saat ini saya hanya bisa berkontribusi melalui tulisan ini. Semoga kedepannya saya bisa lebih berkontribusi untuk membangun kota Pati.

Jadi apapun idenya semua bisa didukung oleh produk bank Mandiri






1 Comments


Weeeeeeeeeeeewwwww...

Brilliant Ideas...
Saya Sepakat.. bisa tuh diterapkan dikota lain juga, tergandeng ama potensi wilayah yg dimiliki..

Salam Kenal n
Good Luck

Main juga ke artikel Ogut yakk,,,

Kesini sambil meninggalkan jejak..

http://pernahkahkita.blogspot.com/2013/01/berakit-rakit-ke-hulu-berenang-renang.html

Copyright © 2009 Rien Note All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.