0

Barongsai: Budaya Yang Harus Dilestarikan

Posted by Unknown on 05.17 in , , ,

Cucok kayaknya kalo barusan kemarin hari imlek, nah sekarang bahas sejarah barongsai yuk...kan imlek identik tuh dengan baringsai dan angpoy..
Anyway saya mengucapkan " Gong Xi Fa Cai" bagi teman- teman yang merayakan.

Bagi orang seperti saya yang kurang bisa menikmati seni, lebih penting bagi saya untuk mengetahui sejarah dari barongsai dibandingkan harus melihht tarian barongsai.

Jadi barongsai masuk ke indonesia bersamaan dengan imigrasi para penduduk dari china pada abad ke 17. Nah beberaap waktu pertunjukan ini dilarang pemerintah, namun pada tahun 2000 dieprbolehkan kembali karenn dianggap sebagai salh satu budaya bangsa.

Tarian ini muncul saat dinasti nen bei pada tahun 420 masehi. Saat itu ada seorang panglima perang bernama "Zhong Que" yang ingin membuat boneka tiruan singa. Bonekaa tiruan ini dibuat untuk mengusir pasukan gajah raja fan yan. Raja fan yan ini berniat unnuk menyerang raja sang wen dei, nah karena melihat rajanya yg kewalahan maka panglima perang tersebut membuat boneka tiruan singa tsbt. Nah dengan boneka tiruan tersebut membuat takut lawan.

Tarian barongsai tidak hanya bisa dilakukan oleh masyarakat tionghoa tapi juga pribumi serta bisa dinikmati tidak haya waktu imlek tapi juga saat perayaan capgomeh..

Sumber tweet dari @bentangpustaka


0 Comments

Copyright © 2009 Rien Note All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.